Migrasi Dari Wordpress ke SSG Gatsby

2021-05-18personal

Design Lama Website Fikri Wado

Sekitar awal - pertengahan tahun 2020 saya mulai merencanakan pembuatan website pribadi yang sederhana, yaitu website dengan warna yang di dominasi putih dan hitam menjadi pilihan saya saat itu.

Tahapan demi tahapan yang saya coba lalui telah terselesaikan walaupun tidak sampai 100% rampung karena sifat perfeksionis yang mana dulu saya menyiapkan cukup banyak fitur yang bahkan fitur tersebut tidak terisi karena belum dipersiapkan.

Website menjadi terasa cukup berat entah apa penyebabnya, bisa jadi dari assets saya yang terlalu banyak atau bahkan pemilihan teknologi yang kurang tepat atau bisa juga karena banyak hal yang dimasukan hehe.

Mulai Redesign

Setelah dirasa perlu perbaikan dan ada cukup banyak yang harus saya update informasinya, saya rasa kenapa tidak sekalian redesign aja supaya lebih fresh dan mulai belajar hal baru.

Belajar hal baru disini maksudnya saya mencoba teknologi Gatsbyjs dan Tailwindcss untuk pertama kalinya di project, sebelumnya memang membuat project tapi itu adalah project latihan (mempelajari teknologinya).

Design Baru Website Fikri Wado

Ini adalah design baru yang saya maksud yang dibuat dengan menggunakan Gatsbyjs dan Tailwindcss tadi sebagai informasi lebih jelas barangkali kedepannya ada design baru lagi atau saya mencoba teknologi lain yang dipasang di website pribadi saya.

Hasil Yang Dirasa

Sangat mengagumkan, saya merasa puas sekali dengan design baru ini yang direalisasikan dengan Gatsbyjs dan Tailwindcss. Ada banyak hal yang membuat saya suka, seperti:

  1. Ringan dan Cepat
  2. Lazyload image yang mudah
  3. Single Page Application
  4. Nulis artikel berasa kaya ngoding
  5. Dan lain lain

Untuk poin no 4 saya lupa jelaskan, Gatsbyjs ini adalah salah satu SSG (Static Site Generator). Kalo temen temen pernah denger kemungkinan udah tau kalo website saya sekarang berarti sifatnya statis atau tidak menggunakan database.

Udah ringan, nyaman, aman lagi haha karena tanpa database.

Ada banyak pilihan untuk SSG ini misalnya Jekyll, Hugo, dan lainnya. Saya pilih Gatsbyjs karena saya punya spesialisasi front-end development yang mana cukup berkaitan erat dengan Javascript sehingga saya bisa lebih explore lagi terkait spesialisasi yang saya pilih.

Informasi

Disini saya migrasi dari wordpress bukan berarti wordpress tidak baik, hanya saja saya tidak expert menggunakan wordpress sehingga saya sedikit kurang paham hal hal yang bisa dimaksimalkan. Yaa walaupun di Gatsbyjs juga bukan expert hehe.

© 2021 Fikri Wado

Made with Love in Tasikmalaya, Indonesia